Terpilih Lagi Jadi Calon Rektor, Prof. Komarudin Ambisi Wujudkan UNJ Jadi Kampus Bereputasi Dunia

Wecome Wmm di Website Kami!

Jakarta – Prof. Komrudin terpilih kembali menjadi Calon Rektor UNJ Tahun 2023–2027 melalui rapat pleno tertutup Senat UNJ pada 13 Juni 2023. Komrudin yang saat ini menjabat Rektor kampus tersebut dinilai memiliki visi dan stabilitas. Misi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) sebagai persiapan perubahan status UNJ dari Perguruan Tinggi Negeri menjadi Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi Negeri (PTN-BLU). Terpilih Lagi Jadi Calon Rektor, Prof. Komarudin Ambisi Wujudkan UNJ Jadi Kampus Bereputasi Dunia

Pihaknya juga akan melaksanakan amanat Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) UNJ untuk mencapai World Class University (WCU) dalam program kerjanya.

“Program kerja saya tidak lepas dari amanah RPJP UNJ agar tonggak pencapaian UNJ terukur dan terstruktur sehingga UNJ dapat mencapai visi sebagaimana tertuang dalam UU UNJ dan Kementerian ini [Pendidikan juga dikaitkan dengan program Kementerian. ],” kata Komrudin dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA, Rabu, 5 Juli 2023. Peminat Membludak, Kemenag Siap Jalankan Penuh Program Cyber Islamic University di 2024

Ia telah menyusun tujuh program inti yang ia sebut sebagai 7 Pilar Percepatan Reputasi Global UNJ dengan tagline “Reputasi Hebat untuk Menerangi Bangsa dan Dunia”. Ketujuh pilar tersebut antara lain, (1) penguatan kompetensi inti dan mutu pendidikan bertaraf internasional; (2) hasil penelitian dan P2M yang berdampak pada masyarakat, dunia usaha, dan industri (DUDI), negara, dan dunia; (3) memperkuat publikasi, referensi, sumber informasi dan publisitas; (4) penguatan tata kelola dan kinerja perguruan tinggi; (5) penguatan sumber daya manusia dan keahlian; (6) optimalisasi aset untuk menghasilkan pendapatan dan memperkuat infrastruktur sistem teknologi informasi; dan (7) penguatan peran alumni dan jaringan pendukung nasional dan internasional.

Ditegaskannya, setiap program kerja tersebut dilandasi dan diselaraskan untuk mensukseskan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan menjawab permasalahan “Tiga Dosa Besar Pendidikan” yang sering diberitakan Mendikbud. , Riset dan Teknologi Nadeem Makarim yaitu pelecehan, kekerasan seksual, dan intoleransi.

“Contohnya pada program MBKM, pada pilar pertama yaitu ‘Penguatan Kompetensi Inti dan Mutu Pendidikan Bertaraf Internasional’, prestasi UNJ selama ini terus ditingkatkan dengan memperluas kampus studi, magang bersertifikat akan berjalan, terlepas studi, mahasiswa mandiri pertukaran wirausaha dan Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA),” kata Komrudin yang juga Ketua Dewan Pakar Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama DKI Jakarta.

Sedangkan untuk permasalahan pelecehan, kekerasan seksual, dan intoleransi, Komrudin berkomitmen untuk melawannya, salah satunya dengan membentuk Satgas PPKS dan membangun UNJ sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2021 tentang PPKS. Pusat Pengembangan Karakter dan Peradaban Prestasi Tahun 2020 (P3KP).

“Menjadi ahli perancangan kurikulum Pancasila dan Lemhans di Badan Pembinaan Pemikiran Pancasila (BPIP), serta berbagi pengalaman berbeda dan realitas sosial terkini di dunia pendidikan, menjadi sebuah kontribusi bagi saya. Untuk UNJ Masa Depan memperkuat, tidak hanya dengan fokus pada program akademik unggulan dan internasionalisasi, tetapi juga menjadikan UNJ kampus yang menjunjung tinggi keberagaman, kesetaraan dan inklusi, serta perjuangan melawan pelecehan dan pelecehan seksual, ”ujarnya.

“Saya ingin UNJ mewujudkan cita-citanya sesuai amanat RPJP, yaitu tetap menjadi kampus humanis yang menciptakan rasa aman, nyaman, tertib, dan sehat bagi civitas akademikanya,” imbuhnya.

Ketika UNJ berubah status menjadi PTN-BH, pihaknya meyakini potensi aset yang dimilikinya akan lebih luas dikembangkan sebagai sumber pendapatan utama. Pengembangan usaha UNJ di bidang aset tanah misalnya, meliputi Setia Budi, Jakarta Selatan; Pembangunan Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Edutechnopark di atas tanah Duren Sawit, Jakarta Timur; Pengembangan pusat pendidikan dan pelatihan serta usaha kuliner di lahan Tajurhalang, Bogor; Pengembangan lahan milik UNJ di Sikarang, Bekasi; Pengembangan Labschool UNJ dan pengembangan sistem IT yang terintegrasi dan saling berhubungan telah mencapai 26 produk sistem informasi yang menunjang dan mendukung efektifitas dan efisiensi pengelolaan organisasi di UNJ.

“PTN-BH sering dikaitkan dengan komersialisasi pendidikan. Oleh karena itu, saya bersikeras menolak praktik komersialisasi pendidikan. “Karena jasa pendidikan tidak bisa dikomersialkan karena mempunyai fungsi mulia untuk memajukan pendidikan negara,” ujarnya. Terpilih Lagi Jadi Calon Rektor, Prof. Komarudin Ambisi Wujudkan UNJ Jadi Kampus Bereputasi Dunia

Oleh karena itu, tegasnya, selama PTN-BH, kampus tidak boleh bergantung pada mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan yang dikhawatirkan masyarakat. Dari sisi kesiapan finansial, potensi berbagai aset yang dimiliki UNJ akan dimaksimalkan sejalan dengan pilar ke-6 yaitu “kecukupan aset dan ketahanan infrastruktur sistem TI untuk menghasilkan pendapatan”.

“Saya berharap kita semua terus membangun UNJ untuk mewujudkan visi dan misi menjadi kampus ternama di dunia, mencetak lulusan yang berkualitas sejalan dengan tuntutan era globalisasi saat ini dan tentunya sekaligus dapat .Mewujudkan kampus humanis yang menjunjung tinggi keberagaman, kesetaraan dan inklusi, serta perjuangan melawan pelecehan dan pelecehan seksual,” ujarnya. Profil Rektor UIN Jakarta Asep Saipuddin Jakhar, peringkat kelima pada Pilpres 2024. Peserta debat adalah Assep Saipuddin Jakhar , MA, Ph.D Berikut profil lengkap yang dapat VIVA sajikan dan bagikan Wmm 1 Februari 2024