Temuan Etilen Glikol Butil Ether di Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Apa Itu?

Selamat datang Wmm di Situs Kami!

Wmm – Hasil penyelidikan zat berbahaya dalam obat sirup yang diduga menyebabkan gagal ginjal akut pada anak telah diumumkan. Hasilnya, Kementerian Kesehatan mengidentifikasi tiga zat berbahaya, salah satunya adalah etilen glikol butil eter. Di bawah ini informasi tentang etilen glikol butil eter: uraian, kegunaan dan bahayanya. Temuan Etilen Glikol Butil Ether di Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Apa Itu?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan tiga zat berbahaya tersebut adalah etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol butil eter (EGBE).

Ketiga bahan ini tidak boleh dimasukkan ke dalam sirup, dan jika ada, kadarnya harus sangat rendah agar tidak beracun bagi tubuh. Seberapa berbahayakah zat ini dan apa fungsinya? Lihat penjelasan salah satunya, etilen glikol butil eter (EGBE). Hits: 6 Obat Sirup Paling Sering Dibeli di Apotek Hingga Wamenkes Ungkap 15 Obat Sirup Terkontaminasi Etilen glikol

Ketahui Etilen Glikol Butil Eter

EGBE adalah cairan bening dan mudah terbakar dengan bau ringan, dihasilkan dari reaksi etilen oksida dan butanol normal (n-butanol) menggunakan katalis.

Science Direct melaporkan bahwa ketika rasio etilen oksida terhadap n-butanol lebih besar dari satu, monoeter di dan trietilen glikol diproduksi bersama dengan EGBE.

Sementara itu, Samchem Prasandha mengatakan etilen glikol butil eter dapat larut dalam air dan dapat dicampur dengan minyak mineral bahkan sabun sehingga sering digunakan untuk produk industri dan rumah tangga.

EGBE sering digunakan dalam produk pembersih, cat, cat dan pelapis. Beberapa dampak kesehatannya antara lain gangguan pernapasan, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, dan mual.

Jika seseorang menelan bahan kimia ini, dapat terjadi iritasi saluran cerna dengan gejala seperti mual, muntah, dan diare. Dalam kasus yang lebih serius, dikatakan menyebabkan keracunan sistemik dengan gejala penyerta dan gejala pernafasan.

Faktanya, paparan yang berkepanjangan dan berulang-ulang dapat menyebabkan kerusakan hati, sistem limfoid, darah, dan ginjal. Poin terakhir ini menjadi fokus pemerintah karena banyaknya lapangan kerja di Indonesia.

Gagal ginjal uhritik adalah suatu kondisi di mana ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Juga tidak berperan dalam keseimbangan air dan elektrolit yang optimal. Sedangkan fungsi utama ginjal adalah menyaring limbah dari tubuh dan membuangnya melalui urin. Temuan Etilen Glikol Butil Ether di Obat Sirup Penyebab Gagal Ginjal Akut, Apa Itu?

Namun, Kepala Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan Dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, ketiga bahan kimia tersebut banyak ditemukan sebagai pelarut pada obat sirup dan umumnya tidak berbahaya serta tidak menyebabkan gagal ginjal akut.

Berikut rangkuman dan informasi Ethylene Glycol Butyl Ether: Deskripsi, Kegunaan dan Bahayanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberi kita gambaran untuk lebih waspada.