Tanya Seksolog: Dok, Mengapa Nyeri Vagina Bisa Terjadi Saat Berhubungan Seks?

Wecome Wmm di Situs Kami!

Wmm – Kali ini tanyakan pada seksolog untuk mengetahui penyebab vagina nyeri saat berhubungan seks. Apa jawabannya? Tanya Seksolog: Dok, Mengapa Nyeri Vagina Bisa Terjadi Saat Berhubungan Seks?

Bagi sebagian wanita, mereka merasakan nyeri saat berhubungan seksual, saat penetrasi. Biasanya kondisi ini terjadi saat wanita pertama kali berhubungan seks.

Namun pada beberapa kasus, nyeri sering muncul meski Anda sering berhubungan seks. Pertanyaan kemudian muncul mengapa situasi ini terjadi pada perempuan. Selain itu, rasa sakit ini mungkin merupakan indikasi penyakit yang Anda derita. gambaran menanyakan seksolog tentang nyeri vagina saat berhubungan seksual. (Stok Shutter) Kemenkes Larang Semua Apotek Menjual Obat Sirup

Rachael Winston atau Dr Ray, seksolog dan direktur medis pusat MUC Healthcare yang memperhatikan masalah ini mengatakan, kondisi ini terjadi pada beberapa wanita.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai masalah ini, simak penjelasan Says.com di bawah ini: Konsultasikan dengan terapis seks.

Dokter kenapa vagina sering muncul nyeri saat berhubungan seksual, apakah ini normal?

Kondisi nyeri yang terjadi saat berhubungan seksual disebut vaginismus. Kondisi ini merupakan kontraksi vagina sebelum penetrasi. Akibat sempitnya vagina, timbul nyeri atau dispareunia saat penetrasi, seperti tusukan di area intim wanita.

Bagaimana dan apa penyebab nyeri saat berhubungan seks?

Vaginismus pada dasarnya adalah masalah psikologis. Sekitar 95 persennya berkaitan dengan waktu. Hal ini jarang terjadi dan terjadi pada wanita yang takut berhubungan seks. Biasanya juga terdapat gambaran ketakutan akan pendarahan atau penetrasi. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berujung pada masalah hubungan bahkan perceraian. Selain itu, kondisi ini juga bisa mempersulit pasangan untuk memiliki anak.

Apakah ada obat untuk mengatasi nyeri saat berhubungan seks?

Hingga saat ini, belum ada obat khusus untuk menyembuhkan vaginismus. Namun kondisi ini bisa diatasi dengan terapi atau konseling. Hal ini dapat membuat wanita lebih bersedia dan tidak terlalu takut berhubungan seks.

Apa saja tips agar siap dan tidak takut berhubungan seks?

Ada beberapa tips yang harus dipersiapkan sebelum berhubungan seks, seperti menggunakan berbagai krim untuk mencegah rasa sakit, melatih otot panggul agar otot tidak tegang dan lebih nyaman, melakukan masturbasi, mencoba melakukan penetrasi dengan sex toy. Tanya Seksolog: Dok, Mengapa Nyeri Vagina Bisa Terjadi Saat Berhubungan Seks?

Cobalah melakukan penetrasi dengan sex toy yang memiliki vibrator, hal ini akan membuat wanita merasa lebih nyaman. Apalagi wanita juga bisa mengatur ritme sesuai keinginannya. Dengan mencoba melakukan berbagai hal tersebut, wanita akan lebih siap menghadapi penetrasi, tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental.

Meluangkan waktu untuk foreplay, seperti seks oral atau menggunakan jari, juga bisa mengurangi rasa sakit saat penetrasi. Tapi itu tergantung pada perasaan wanita itu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah tersebut, kami harap Anda dapat menghubungi tenaga profesional untuk mendiskusikan masalah seksual yang Anda alami.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang kesehatan, diet, atau tidur? Wmm bisa membantu Anda menemukan jawabannya. Tulis pertanyaan Anda di kolom komentar agar ahlinya bisa menjawabnya.