Tak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Juga Alami Kematian Anak karena Gagal Ginjal Akut Misterius

Wecome Wmm di Situs Kami!

Wmm – Kasus misterius gagal ginjal akut (AKI) akhir-akhir ini semakin meningkat, tidak hanya di Indonesia. Hal serupa juga dilaporkan sejumlah negara, kematian balita akibat masalah ginjal akut yang misterius. Tak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Juga Alami Kematian Anak karena Gagal Ginjal Akut Misterius

Hingga 18 Oktober 2022, sebanyak 99 anak meninggal di Indonesia terkait gangguan ginjal atau gagal ginjal akut. Pemerintah menanggapinya dengan menarik kembali obat dalam bentuk sirup, yang diduga terkontaminasi etilen glikol dan menyebabkan masalah ginjal akut yang misterius.

Ternyata, kasus gagal ginjal tidak hanya terjadi di Indonesia. Banyak negara lain juga mengalami hal ini. Tanya Seksolog: Dok, Mengapa Nyeri Vagina Bisa Terjadi Saat Berhubungan Seks?

“Kasus ini bukan hanya terjadi sekarang saja, sudah lama terjadi. “Awal tahun muncul kasus dan puncaknya meningkat pada Agustus lalu,” jelas dr Eka dalam webinar kesehatan, Jumat (21 Oktober 2022). Dokter merawat anak penderita gagal ginjal akut di Children’s Intensive Care Unit (PICU) RS Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Jumat (21 Oktober 2022). [ANTARA FOTO/Ampelsaa/ponsel].

1. Gambia

Seperti diketahui, tidak hanya Indonesia yang mengalami permasalahan serupa, Gambia juga menjadi negara yang mengalami hal serupa. Beberapa anak di Gambia menderita masalah ginjal akut misterius yang mengakibatkan kematian.

2. Amerika Serikat

Dr Eka mengatakan Amerika Serikat merupakan negara yang juga mempunyai permasalahan ginjal akut yang misterius. Data Clinical Journal of American Society of Nephrology tahun 2013 menunjukkan masalah AKI sebesar 0,39 persen atau setara dengan 10.322 pasien yang dirawat. Gejala klinis yang dialami antara lain syok, sepsis, penyakit hati, dan gangguan koagulasi.

3. Uganda

Selain Amerika Serikat, Uganda juga menjadi negara yang mengalami MMR pada tahun 2013. Berdasarkan data, dari 2.055 pasien yang mengalami gejala, 278 atau sekitar 13,5 persen merupakan pasien AKI.

Sedangkan AKI berat terjadi pada penderita gastroenteritis (28,6 persen) dan kurus (20,7 persen). Sekitar 25 persen pasien meninggal saat dirawat di rumah sakit, sedangkan yang tidak mengalami AKI sekitar 9,9 persen. Prediktor kematian pada anak-anak ini adalah pneumonia, proteinuria, dan HIV. Tak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Juga Alami Kematian Anak karena Gagal Ginjal Akut Misterius

4.Bangladesh

Bangladesh juga merupakan negara yang mengalami masalah MMR pada bulan Januari hingga Desember 2015. Sekitar 731 anak telah dibawa ke rumah sakit karena masalah diare. Selain itu, kondisi lainnya adalah dehidrasi, sepsis, dan hipernatremia. Kondisi ini juga dikaitkan dengan masalah sepsis dan pneumonia.