Suka Tumis Sambel? Hati-hati Asapnya Bisa Bahayakan Anak, Kenapa?

Sugeng rawuh Wmm di Website Kami!

JAKARTA – Polusi udara merupakan faktor risiko utama kematian terkait pneumonia pada semua kelompok umur. Sekitar sepertiga dari seluruh kasus pneumonia disebabkan oleh polusi udara, yang diperkirakan menewaskan 749.200 orang pada tahun 2019. Suka Tumis Sambel? Hati-hati Asapnya Bisa Bahayakan Anak, Kenapa?

Bukan hanya polusi dari knalpot kendaraan di jalan raya. Ternyata polusi udara dalam ruangan juga meningkatkan risiko terkena pneumonia. Data bahkan menyebutkan polusi udara dalam ruangan berkontribusi terhadap 423.000 kematian. 7 Fakta Menarik Angpao Imlek, Bisa Diberikan via Transfer?

Berbicara mengenai polusi udara di rumah, mungkin ada sebagian dari kita yang belum menyadarinya. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan menggoreng, termasuk sambal, juga bisa menjadi sumber pencemaran udara di rumah yang menyebabkan gangguan pernafasan pada bayi dan bayi?

Hal tersebut diungkapkan Kelompok Kerja (UKK) Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr dr Nastiti Kaswandani, Sp.A(K) pada konferensi pers IDAI, Kamis 11 Januari 2024.

“Biasanya kita tidak memperhatikan asap yang dihasilkan di dapur, misalnya dari pembakaran, penggorengan, atau pemanggangan sari cabai. Kalau disemprot sari cabai, akan timbul asap yang sangat mengganggu,” ujarnya.

Asap hasil penggorengan sambal ini menimbulkan iritasi dan mengganggu sistem pernapasan bayi dan balita, terutama saat saluran pernapasannya masih kecil.

“Kami hanya batuk (menghirup asap sambal pedas). Asap yang sama akan terhirup oleh anak-anak yang napasnya masih kecil. Jadi sangat tidak nyaman dan menyebabkan iritasi dan sering tidak kita sadari,” jelasnya. .

Tak hanya asap dari sambalnya, aromaterapi juga bisa menyebabkan gangguan pernafasan pada bayi dan anak kecil. Pasalnya aromaterapi juga mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi paru-paru bayi dan anak kecil.

“Aromaterapi yang banyak dilakukan ibu-ibu saat ini adalah aromaterapi yang asapnya tebal dan bisa juga mengiritasi, di dalam aromaterapi ada bahan kimia. Jadi kalau kita dengan bayi itu menjadi polusi yang tidak ada gunanya,” ujarnya.

Kemudian Nastiti mengatakan, praktik memanaskan mobil di rumah juga dapat menyebabkan pencemaran udara dalam ruangan. Asap dari mobil yang dipanaskan nantinya bisa masuk dan terhirup langsung oleh bayi dan anak kecil. Suka Tumis Sambel? Hati-hati Asapnya Bisa Bahayakan Anak, Kenapa?

“Saat panas asap masuk ke dalam rumah, ini salah satu jenis polusi dalam ruangan yang tidak kita sadari. Jadi ketika ingin menghangatkan mobil, perhatikan kemana perginya asap tersebut. Bakar dengan baik. .sambil menunggu mobilnya tidak hilang,” ucapnya.

Gewa, anak mendiang Glenn Fredly, dilarikan ke IGD karena mengidap penyakit pneumonia. Mutia Ayu mengungkapkan, penyakit yang diderita anaknya disebabkan oleh polusi udara. Selain demam, Gewa juga mengalami sesak napas dan batuk Wmm 20 Januari 2024