Presiden Buka Trade Expo Indonesia, Pertamina Boyong 50 UMKM dan Siap Go Global

Sugeng rawuh Wmm di Situs Kami!

Wmm – Pertamina mendatangkan 50 mitra sponsor dalam pameran dagang internasional terbesar Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 yang dibuka resmi oleh Presiden RI Joko Widodo di Pameran Kongres Indonesia Bumi Serpong Damai. (ICE BSD), Tangerang, Banten. Presiden Buka Trade Expo Indonesia, Pertamina Boyong 50 UMKM dan Siap Go Global

Pada topik “Memperkuat Perdagangan Global untuk Pemulihan yang Lebih Kuat”, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa di tengah krisis dan resesi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di antara G20 dan negara-negara lainnya. Pada kuartal II, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,44 persen.

“Kita berharap Indonesia Trade Fair ke-37 ke depan bisa menghasilkan surplus perdagangan,” kata Jokowi saat membuka TEI 2022 di Serpong, Rabu (19/10/2022). Apindo: Hukum Adat Masuk RKUHP Bisa Turunkan Minat Investasi

TEI akan diselenggarakan pada tahun 2022. 19-23 Oktober dan akan menjadi pertemuan bisnis untuk meningkatkan ekspor dalam negeri, yang mana target kesepakatannya telah ditetapkan oleh Pertamina pada tahun 2019. mencapai lebih dari 7 miliar Rp.

Di stand Pertamina, pengunjung diserbu dengan berbagai produk dari mitra maju, termasuk Presiden yang mampir ke stand kopi Kandora milik Arni Pabungai yang berasal dari kopi Toraja Sulawesi Selatan dan diolah secara tradisional oleh tangan-tangan halus ibu-ibu Toraja.

Arni Pabunga mengungkapkan, ada lima negara yang sudah memesan Kopi Kandora yakni Korea Selatan, Swiss, Selandia Baru, Belanda, dan Jepang.

“Para pecinta kopi akan lebih memahami bahwa cara pengolahan kopi yang tradisional memberikan cita rasa yang berbeda dan krim yang lebih banyak. Saya berharap pasar ekspor terbuka lebar pada pameran TEI ini,” kata Arni.

Begitu pula dengan Evi, pemilik Sobag yang menjual tas anyaman khas Indonesia. Ia mengatakan, tas anyaman buatannya merupakan buatan tangan, dan untuk pasar ekspor, mereka memilih untuk menenun motif tenun yang mereka miliki sebanyak-banyaknya agar memiliki barang yang cukup untuk pesanan dalam jumlah besar.

Alhamdulillah ada peluang untuk melakukan deal dengan pembeli dari Malaysia dan Spanyol, ujarnya.

Wira juga merasakan hal yang sama. Pemilik koleksi Jokotolle ini mengaku senang bisa mengikuti pameran bergengsi seperti TEI karena mampu menghadirkan batik khas Madura dengan motif dan warna yang beragam. Pada hari pertama pameran, Wira kedatangan klien baru dari Bank Syariah yang membutuhkan seragam batik dengan motif klasik. Satu transaksi 300 unit, dibeli sekaligus.

“Saya mendapat pelanggan dari Malaysia juga. “Kami berharap TEI bisa menjaring lebih banyak pelanggan baru,” kata Wira gembira.

Selain pameran internasional, TEI juga banyak melakukan kegiatan pendukung seperti penandatanganan nota kerjasama perdagangan antar negara, forum Trade, Tourism and Investment Forum (TTI) yang membahas berbagai isu terkini dunia internasional. perdagangan, koordinasi bisnis, konsultasi bisnis, dan panggung khusus dengan berbagai kegiatan dan acara.

Fajriyah Usman, Vice President CSR dan SMEPP, mengatakan masuknya UKM bersubsidi pada tahun 2022 Ajang TEI hendaknya menjadi ajang yang pro pasar, mengingat banyaknya calon pembeli yang hadir dalam pameran TEI, dan juga akan menumbuhkan semangat kemandirian. menjadi pengusaha tangguh dan profesional.cerai. Presiden Buka Trade Expo Indonesia, Pertamina Boyong 50 UMKM dan Siap Go Global

“Melalui program UMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina senantiasa bertujuan untuk memberikan energi yang menggerakkan roda perekonomian dan terus mendorong seluruh mitra binaan untuk menjadi UMK yang unggul dan Global,” tutup Fajriyah.

Keikutsertaan UKM dalam pameran global merupakan langkah mendukung Pertamina dalam mencapai SDGs (Sustainable Development Goals), khususnya poin 8, menjamin lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi serta penerapan ESG (Environmental, Social and Governance). tentang berbasis program di seluruh bidang kegiatan Pertamina.