Prakiraan Cuaca BMKG: Dua Bibit Siklon di Barat dan Timur Picu Gelombang 4 Meter, Hujan Ringan-Lebat Dominan

Selamat datang Wmm di Website Kami!

NEWS24.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau dua tanaman topan di seluruh Indonesia, yakni 98S of the 98S di Samudera Hindia barat daya Sumatera dan 99S of the taifun yang terpantau di Baines, bagian utara selama ini. Australia. Prakiraan Cuaca BMKG: Dua Bibit Siklon di Barat dan Timur Picu Gelombang 4 Meter, Hujan Ringan-Lebat Dominan

Sebaran Siklon Tropis 99W tepat berada di sekitar 10,4°LS 93,1°BT dengan kecepatan angin antara 20-25 knot, dan kecepatan angin 25-30 knot teramati di bagian barat laut sistem. Tekanan udara minimum berada pada kisaran 1004 hPa. Benih badai 98S dalam 24 jam ke depan diperkirakan akan bergerak perlahan ke arah timur, kemudian dalam 24 – 72 jam akan bergerak ke arah tenggara-tenggara.

Kemungkinan bibit angin topan 98S dalam 24 jam ke depan berangsur-angsur meningkat dan kemungkinan berkembang menjadi topan sedang, sedangkan 48-72 jam ke depan bisa berkembang menjadi topan kelompok utama, kata BMKG dalam prakiraan tersebut. . waktunya Selasa, 16 Januari 2024.

Benih-benih Topan 98S menimbulkan dampak yang tidak dapat dijelaskan pada permukaan laut 2,5 hingga 4 meter di Samudera Hindia mulai dari Kepulauan Mentawai hingga Lampung.

Saat ini sebaran topan 99S tepatnya berada di kisaran 15,8°LS 130,0°BT dengan kecepatan angin maksimum berkisar 10-15 knot. Tekanan udara rendah sebesar 997 hPa bergerak ke arah timur.

Peluang munculnya 995 siklon di Australia utara dalam 72 jam ke depan untuk berkembang menjadi siklon tropis berada pada kisaran rendah. OPPO Find X7 Ultra Bakal Hadir dengan Konektivitas Satelit, Tantang Xiaomi 14 Ultra

Bibit Topan 995 berdampak pada gelombang laut setinggi 2,5-4 meter di Laut Banda bagian selatan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru.

Sumatera biasanya hujan ringan, namun Lampung, Sumsel, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumbar, Riau, Sumut, Aceh, Kepri berpeluang hujan lebih sedikit.

Jawa biasanya curah hujannya sedikit, namun Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah bisa banyak hujan. Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagian besar cerah berawan, namun NTT bisa hujan sedikit, dan NTB bisa hujan lebat.

Kalimantan biasanya curah hujannya sedikit, namun Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara mempunyai curah hujan yang lebih sedikit.

Sulawesi biasanya curah hujannya sedikit, namun Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara bisa banyak hujan. Sulawesi Selatan berpotensi hujan lebat.

Maluku dan Papua secara umum mempunyai curah hujan yang lebih sedikit, namun Maluku, Papua Barat, dan Maluku Utara mempunyai curah hujan yang lebih sedikit. Papua banyak diguyur hujan.

Prediksi berdasarkan dampak topan terhadap wilayah yang terkena dampak peringatan tersebut di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan.

Angin di wilayah Indonesia bagian utara biasanya mengalir dari arah timur laut dengan kecepatan angin berkisar antara 6-25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan biasanya mengalir dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan 6 -30 knot.

Kecepatan angin tinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Sangihe-Talaud, Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata Letti, Perairan Kepulauan Babar-Tanimbar, Kepulauan Kai-Aru dan kepulauan. Danau Arafuru.

Suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar antara 19-35 derajat Celcius dan kelembapan 55 hingga 100 persen.

Secara umum prakiraan ketinggian gelombang laut di perairan Indonesia masih baik, yakni antara 1,25-2,5 meter. Waspadai Gelombang Tinggi 2,5-4 Meter di Perairan Lampung Barat, Samudera Hindia Bagian Barat, Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Selat Sunda Bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Bagian Selatan Banten, Laut Natuna Utara, Perairan Utara Anambas Pulau hingga Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Sangihe hingga Kepulauan Talaud, perairan utara Halmahera.

Perbarui secara teratur. Simak berita-berita unggulan dan berita pilihan Wmm di saluran Telegraf “Wmm Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk masuk. Anda perlu menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Jumlah tempat yang permasalahannya paling tinggi dibandingkan hari sebelumnya. Baca selengkapnya

Penguatan monsun Asia menjadi salah satu penyebab utama tingginya curah hujan. Baca selengkapnya

Hujan siang dan malam di Jakarta meluas dari laut hingga ke utara. Distribusi ini diperkuat oleh konveksi yang terjadi di Lampung. Baca selengkapnya

Topik penemuan baterai lithium baru yang dapat diisi dalam waktu kurang dari lima menit menjadi berita terpopuler di Top 3 Berita Tekno Hari Ini. Baca selengkapnya Prakiraan Cuaca BMKG: Dua Bibit Siklon di Barat dan Timur Picu Gelombang 4 Meter, Hujan Ringan-Lebat Dominan

BMKG meminta daerah mempertimbangkan kemungkinan terjadinya banjir saat musim hujan. Baca selengkapnya

BMKG memperkirakan hujan ringan hingga sedang akan terus mengguyur wilayah DKI Jakarta sepanjang siang hingga dini hari. Baca selengkapnya

Warga yang tinggal di pesisir pantai sekitar daerah air pasang harus selalu waspada. Baca selengkapnya

Sirkulasi siklon, pergeseran angin dan konvergensi dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di daerah yang terkena dampak. Baca selengkapnya

Topik BMKG mendeteksi kemungkinan hujan di berbagai wilayah Indonesia pada awal Februari menjadi topik terpopuler di Top 3 Techno News Hari Ini. Baca selengkapnya

Hujan deras diperkirakan akan mengguyur sebagian wilayah Jabodetabek pada pagi hari, Selasa 30 Januari 2024. Baca selengkapnya