Peningkatan Pesanan Ekspor Brand Lokal dan UMKM Lebih dari 4 Kali Lipat di Shopee 11.11 Big Sale

Wecome Wmm di Website Kami!

VIVA – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) penting untuk terus beradaptasi dengan perubahan pasar dan teknologi serta mengembangkan strategi bisnis yang kompetitif. UKM harus memanfaatkan teknologi informasi dan Internet untuk memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan produk atau layanan mereka. Peningkatan Pesanan Ekspor Brand Lokal dan UMKM Lebih dari 4 Kali Lipat di Shopee 11.11 Big Sale

Di era digital yang terus berkembang, penting bagi merek dan UKM lokal untuk terus berinovasi, memanfaatkan peluang yang ada, dan bertransformasi untuk memperkuat eksistensi mereka. Apalagi di masa kampanye menjelang akhir tahun, Big Sale Shopee 11.11 yang berlangsung hingga 11 November ini tidak hanya menjadi momen penting bagi konsumen untuk mengejar promosi menarik dan beragam aksesoris, namun juga menciptakan peluang baru bagi pelaku usaha untuk berkembang. lebih kuat dan mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih kuat.

Sebagai tanggapannya, kami mencapai rekor peningkatan pesanan ekspor lebih dari empat kali lipat pada puncak kampanye Big Sale 11 November. Peluang tersebut ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand dan UMKM lokal di Shopee untuk memperkuat potensinya sebagai langkah selanjutnya dalam menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Selain kampanye yang sedang berjalan, hal ini dicapai dengan mendukung berbagai program inisiatif seperti Program Ekspor Shopee yang merupakan salah satu strategi ekspansi perusahaan ke pasar luar negeri.

“Program Ekspor Shopee tidak hanya menjadi pintu gerbang terbukanya peluang baru, namun juga menjadi alat untuk memperkuat strategi bisnis. Tentu saja, kami akan membimbing merek lokal dan UMKM melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Ekspor Shopify untuk mempelajari cara memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global sekaligus mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi masa depan. “Kami berharap melalui program-program inovatif yang dihadirkan Shopee, kami dapat terus memajukan brand dan UMKM lokal,” lanjut Monica. Jejak Langkah Acer, Tak Sekadar Jualan Laptop dan Proyektor

11.11 Big Sale: Mendorong transformasi dan membuka peluang inklusif bagi merek lokal dan UMKM

Brand lokal dan UMKM kini selalu berusaha merangkul dan mengikuti tren konsumen ini untuk mencari peluang besar bagi pertumbuhan bisnis yang signifikan. Partisipasi antusias para penjual lokal juga mendukung kampanye 11.11 Big Sale dengan menampilkan berbagai produk dari berbagai kategori. Hal ini terlihat dari peningkatan transaksi merek lokal dan UMKM hingga tujuh kali lipat pada puncak kampanye 11 November dibandingkan hari biasa. Apalagi masyarakat nampaknya semakin tertarik mencari berbagai produk yang menyasar lokal dan UMKM, terutama pada kategori kecantikan, fashion, dan gaya hidup, yang nampaknya mendapat perhatian khusus di hati konsumen saat kampanye berlangsung. Hal ini menunjukkan bagaimana pebisnis lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat untuk mendorong pengembangan bisnis inklusif dan penetrasi pasar digital.

Monica Vionna, Head of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan: “Sebagai kampanye yang menawarkan penjualan akhir tahun terbesar, 11.11 Big Sale tidak hanya sekedar berbelanja, tetapi juga merupakan bentuk dukungan terhadap Shopee untuk lebih membantu masyarakat setempat. ” Untuk memberikan kesempatan dan kehadiran.” Merek dan produk. Tujuannya untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk dalam negeri sekaligus mendorong penerimaan merek lokal di masyarakat luas. Menariknya, pada kampanye 11.11 Big Sale, kami juga melihat banyak minat konsumen untuk membeli produk lokal dan UMKM di berbagai kategori. Hal ini menjadi salah satu aspek dorongan kami untuk selalu menghadirkan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan mempererat hubungan antara penjual dan konsumen.”

Untuk menghubungkan pembeli dan penjual lebih erat, berbagai fitur seperti Shopee Live memberikan solusi melalui interaksi langsung dan komunikasi real-time. Daya tarik khususnya adalah pembeli akan memiliki kesempatan untuk bertanya tentang produk dan bahkan melihat demonstrasi produk dengan lebih jelas untuk meningkatkan kepercayaan. Antusiasme tersebut terlihat dari jumlah sesi Shopee Live yang dihadirkan oleh brand lokal dan UMKM meningkat hingga enam kali lipat pada puncak kampanye. Aspek ini semakin menunjukkan bahwa livestreaming kini menjadi wadah bagi para penjual untuk membangun komunitas dengan pelanggan.

Selain itu, Program Mitra Shopee adalah program lain yang semakin populer di kalangan masyarakat dan kini membantu pedagang memperluas jangkauan mereka secara lebih efektif melalui kemitraan dengan pengembang. Mempromosikan kehadiran merek lokal sekaligus memudahkan pengguna berbagi inspirasi produk telah muncul sebagai peluang baru untuk memperoleh pendapatan tambahan. Di puncak kampanye 11.11, semakin banyak merchant yang merasakan manfaat dari program ini, dengan jumlah produk dari merek lokal dan UMKM yang dipromosikan melalui Afiliasi Shopee meningkat lebih dari sembilan kali lipat.

Tren pembelian konsumen terhadap produk lokal dari berbagai pulau di Indonesia

Antusiasme konsumen dalam mendukung pertumbuhan bisnis lokal serta mengapresiasi kreativitas dan kualitas produk lokal terlihat jelas pada kampanye Big Sale. Bukan hanya saat yang tepat untuk mencari promo akhir tahun terbesar yang menawarkan banyak keuntungan, tapi juga menunjukkan bagaimana para penjual di berbagai pulau di Indonesia saling bersaing untuk menampilkan produk terbaiknya di platform Shopee. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa pulau di Indonesia mempunyai tren produk terlarisnya masing-masing, sebut saja pulau yang berada di bagian paling barat Indonesia, yakni Pulau Sumatera. Ternyata di puncak kampanye, produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli adalah minyak telon, popok bayi, dan kaos anak. Hal ini menunjukkan bahwa produk kategori ‘ibu dan anak’ sedang menjadi tren yang saat ini banyak diminati oleh ibu-ibu muda di Pulau Sumatera. Jika kita menganggap Pulau Jawa sebagai pulau dengan jumlah penduduk terbesar, nampaknya tren belanja banyak dipengaruhi oleh merek-merek lokal yang kualitas produknya yang tidak perlu diragukan lagi semakin meningkat. Ternyata banyak pengguna yang membeli lotion tangan dan tubuh serta krim wajah dari merek lokal untuk tampil terbaik. Meski demikian, jumlah pencarian produk smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini. Berbeda dengan Pulau Bali yang sering disebut sebagai surga wisata. Bahkan, pulau ini sepertinya akan menjadi destinasi liburan yang ramai dikunjungi pada akhir tahun. Oleh karena itu, produk kebaya, kacamata hitam, dan tabir surya Bali menjadi produk yang paling banyak dicari sebagai persiapan menerima wisatawan dalam dan luar negeri. Pulau Kalimantan Ternyata kondisi musimnya berubah dari musim panas ke musim hujan. Perlengkapan pokok seperti jas hujan, jaket pria dan wanita serta hoodie menjadi produk lokal dan UMKM yang paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat jelas para pengguna sudah mempersiapkan perlengkapannya menyambut musim hujan di penghujung tahun. Selain itu, Pulau Sulawesi juga memiliki berbagai macam kebutuhan penduduknya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakat: Produk-produk seperti kipas angin, lampu neon, serta panci dan wajan banyak dibeli di Pulau Sulawesi. Nampaknya produk rumah tangga menjadi kebutuhan terpenting di pulau ini. Tak kalah mengejutkannya adalah Pulau Papua, dimana produk fesyen seperti celana kargo, jam tangan pria, gelang couple, dan kemeja couple menjadi produk favorit masyarakat. Meski letaknya jauh dari ibu kota, namun masyarakat khususnya di pulau ini tetap up to date dan mengikuti tren yang ada, sehingga produk fashion dan aksesoris banyak diminati oleh masyarakat disana.

Dampak penggunaan program dan fitur Shopee terhadap perkembangan bisnis brand lokal dan UMKM

Di sisi lain, keuntungan dan manfaat dari program dan fitur yang diperkenalkan pada Big Sale 11.11 merupakan kekuatan yang saling menguntungkan antara Shopee dan merchant. Salah satunya adalah pengaruh positif dari mitra merek lokal Benang Jarum dan NAMA Beauty. Tak hanya produknya yang unggul, para mitra merek lokal ini juga merasakan antusiasme yang luar biasa dari para pengguna saat memanfaatkan promo spesial, terutama saat puncak kampanye 11.11 Big Sale pada Sabtu lalu. Terlihat bagaimana brand fashion lokal Benang Jarum berhasil mencatatkan peningkatan jumlah transaksi lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Pemilik merek Allyssa Hawadi, salah satu pendiri Benang Jarum, yang bergabung dengan Shopee pada tahun 2020, mengatakan: “Bergabung dalam kemeriahan Big Sale 11.11 tentu merupakan salah satu strategi paling efektif yang kami gunakan.” mampu tumbuh bersama dan merasakan getaran positif pengguna Shopee terhadap merek kami sejak kami bergabung. Sebagai pelaku ekonomi di bidang fashion, kerjasama ini tidak hanya membuka peluang bagi pertumbuhan bisnis kami saat ini, namun juga menciptakan peluang berkelanjutan bagi brand lokal untuk semakin dikenal dan dikenal masyarakat luas. Kami berharap Shopee terus berinovasi untuk membantu kita sukses bersama.” Peningkatan Pesanan Ekspor Brand Lokal dan UMKM Lebih dari 4 Kali Lipat di Shopee 11.11 Big Sale

Pada kategori yang banyak diminati, brand kecantikan NAMA Beauty juga mencatatkan kesuksesan luar biasa. Dengan berpartisipasi dalam Big Sale Shopee 11.11 dan memanfaatkan fitur-fitur yang diperkenalkan dalam kampanye ini, NAMA juga berhasil mencatatkan peningkatan jumlah produk terjual lebih dari 64 kali lipat dibandingkan hari-hari biasa. Bahkan produk Nama Beauty x Mami Louisee yaitu toner bundle menjadi salah satu produk lokal terlaris pada 11.11 kali ini.

Berbagai tren dan keberhasilan yang diamati selama kampanye 11.11 Big Sale, baik dalam penerapan strategi bisnis oleh para pelaku bisnis lokal di Shopee maupun dalam tren belanja online dan perilaku pengguna setianya, menjadi landasan dan landasan bagi inovasi lain dari Shopee. Hingga akhir tahun ini, pengguna bisa memanfaatkan berbagai penawaran unggulan untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang nyaman dan menguntungkan.

Download aplikasi shopee gratis di app store atau google play store dan aktifkan shopeepay untuk pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan nyaman. Komentar! PKL wajib memiliki sertifikat Halal mulai 18 Oktober 2024. Peraturan terbaru seputar sertifikat Halal sendiri umumnya hanya berlaku untuk merek-merek besar dan biasanya juga untuk usaha kecil dan menengah (UKM). Wmm 2 Februari 2024