Lebih Awet Aki Basah atau Kering? Ini Jawabannya

Wecome Wmm di Situs Kami!

Jakarta, 1 Desember 2023 – Baterai atau aki merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, mobil, dan sepeda motor. Lebih Awet Aki Basah atau Kering? Ini Jawabannya

Komponen ini berfungsi menyimpan energi listrik yang dibutuhkan untuk menghidupkan mesin, menyalakan lampu, dan mengoperasikan komponen kelistrikan lainnya. Gelar Kontes Modifikasi Mobil Niaga, Toyota Umumkan 9 Finalis Rangga Concept Digimodz

Saat ini terdapat dua jenis aki yang umum digunakan di Indonesia, yaitu aki basah dan aki kering. Kedua jenis baterai ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Aki basah Aki basah merupakan salah satu jenis aki yang umum digunakan di Indonesia. Baterai ini berisi cairan elektrolit yang terbuat dari air murni dan asam sulfat. Cairan elektrolit ini berperan sebagai penghantar listrik pada baterai.

Aki basah mempunyai beberapa keunggulan yaitu lebih murah dibandingkan aki kering, lebih mudah ditemukan di pasaran dan dapat diisi ulang jika cairan elektrolitnya habis.

Namun aki basah juga memiliki beberapa kekurangan yaitu memerlukan perawatan rutin seperti pengecekan dan pengisian cairan elektrolit. Sehingga mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Baterai Kering Baterai kering adalah jenis baterai yang tidak mengandung cairan elektrolit. Pada baterai kering elektrolitnya berbentuk gel cair. Aki kering memiliki banyak keunggulan, yaitu tidak memerlukan perawatan rutin, tahan terhadap korosi, dan tahan lebih lama dibandingkan aki basah.

Namun baterai kering juga memiliki banyak kelemahan, yaitu lebih mahal dibandingkan baterai basah, sulit ditemukan di pasaran, dan tidak dapat diisi ulang.

Mana yang lebih tahan lama? Jawabannya tergantung pada penggunaan masing-masing kendaraan, serta perawatannya. Aki basah dapat digunakan dalam jangka waktu lama jika kondisinya rutin diperiksa dan dipantau, begitu pula aki kering jika muatan listriknya normal dan bebannya tidak berat.

Berikut beberapa tips untuk menjaga baterai Anda tahan lama, ganda, dan kering: Lebih Awet Aki Basah atau Kering? Ini Jawabannya

1. Jangan biarkan baterai habis. Keausan baterai merupakan kondisi dimana baterai tidak dapat menyimpan energi listrik. Kegagalan baterai dapat terjadi karena kekurangan cairan elektrolit, korsleting, atau kerusakan pada komponen baterai. 2. Hindari penggunaan baterai secara berlebihan. Penggunaan baterai yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan baterai dengan cepat. 3. Jaga kebersihan baterai. Kotoran yang menumpuk pada baterai dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada baterai. 4. Isi ulang cairan elektrolit jika hampir habis. Cairan elektrolit dalam baterai basah perlu diisi ulang jika sudah hampir habis. Tips merawat aki mobil listrik agar awet dan tahan lama. Mobil listrik menjadi sangat populer di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, mengingat pemerintah Indonesia sedang gencar mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik Wmm 8 Januari 2024