Keren! Teknologi Baru Ini Memungkinkan Komputer Bisa Menyala dalam Air

Wecome Wmm di Situs Kami!

JAKARTA. Air dapat merusak peralatan elektronik seperti komputer. Namun, dengan bantuan teknologi baru, hal ini dapat diatasi. Tidak hanya tahan air, berkat teknologi terkini, komputer dapat menyala meski terendam air. Keren! Teknologi Baru Ini Memungkinkan Komputer Bisa Menyala dalam Air

Janji Anies Baswedan Bentuk Pos Anggaran Pendidikan Khusus Disabilitas dan Kelompok Rentan

Teknologi tahan air ini diperkenalkan oleh spesialis pelapis HZO yang berbasis di Carolina Utara pada CES 2024.

Dilansir Techspot, Selasa (12/1/2024), proses pelapisan baru ini disebut dengan proses pelapisan parylene. Proses penggunaan proses parylene adalah membuat film pada tingkat molekuler dengan menggunakan proses vakum. Parylene yang lebih tipis dibandingkan bahan lainnya mampu membuat produk elektronik, termasuk bahan cetakan.

HZO menjelaskan bahwa pelapisan parylene dilakukan dengan cara deposisi uap kimia (CVD). Prosesnya dimulai dengan memanaskan bahan terlebih dahulu hingga berubah menjadi gas, yang kemudian dipanaskan lebih lanjut hingga membentuk monomer reaktif.

Di dalam ruangan, yang disimpan mendekati suhu kamar, monomer dalam segala hal. Ketika mereka mendarat di satu sisi, monomer bergabung membentuk lapisan polimer.

Film polimer memiliki ketebalan 2 hingga 25 mikron dan dapat digunakan dengan aman pada perangkat elektronik kecil karena dapat bekerja pada suhu ruangan. HZO menekankan bahwa lapisan parylene sangat andal dan tidak ada bahan kimia yang dilepaskan selama polimerisasi.

Pada CES 2024, HZO menghadirkan Raspberry Pi 4 berlapis Parylene yang dapat dijalankan di tangki air. Komponen terhubung secara aman dengan kabel daya USB-C dan kabel output video microHDMI, keduanya juga dilapisi dengan parylene. Keren! Teknologi Baru Ini Memungkinkan Komputer Bisa Menyala dalam Air