ITB Gandeng Pinjol Danacita untuk Biaya Kuliah Mahasiswa, Ini Respons Ridwan Kamil

Sugeng rawuh Wmm di Portal Ini!

Wmm, BANDUNG — Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun mengomentari kebijakan almamaternya, ITB, yang menggandeng aplikasi pinjaman online Danacita (PINJOL) untuk biaya pendidikan mahasiswa. Ia mengatakan, pinjaman tidak boleh menjadi beban bagi mahasiswa. ITB Gandeng Pinjol Danacita untuk Biaya Kuliah Mahasiswa, Ini Respons Ridwan Kamil

“Pertama, niatnya baik karena tidak semua mahasiswa punya kemampuan finansial. Harus didukung, tapi kenyataannya tidak semua orang mampu membiayai,” ujarnya kepada wartawan, baru-baru ini. Berjumpa dengan Menlu Retno, SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia pada Simulasi Sidang PBB di AS

Ia mengungkapkan, ada beberapa jalur seleksi untuk masuk ke ITB seperti seleksi sekolah, seleksi berbasis ujian, dan seleksi mandiri. Bagi yang kesulitan membayar UKT, Ridwan Kamil yakin pihak kampus punya kebijakan untuk membantu mahasiswa.

“Sistem hibah membantunya dalam hal pinjaman, saya pikir kita melihat konteks saat ini karena pemberi pinjaman saat ini sudah digital,” katanya.

Meski demikian, ia menegaskan sanksi pinjaman tersebut tidak membebani mahasiswa. Ridwan Kamil mengatakan, negara harus hadir memberikan pinjaman tanpa bunga.

Yang penting jangan terbebani, negara datang dalam bentuk pinjaman tanpa bunga, menurut saya itu yang terbaik, ujarnya.

Ditegaskannya, jika mahasiswa merasa kebijakan ini menjadi beban, maka pihak kampus harus mampu menyerap aspirasi tersebut untuk memfasilitasinya. Ridwan Kamil mengatakan, kita harus berinvestasi semaksimal mungkin pada pendidikan generasi muda.

Sebelumnya, jagat media sosial sontak bereaksi negatif terhadap postingan netizen tersebut. ITB Gandeng Pinjol Danacita untuk Biaya Kuliah Mahasiswa, Ini Respons Ridwan Kamil

Terlihat pada postingan tersebut, terdapat foto lembaran yang berisi informasi tentang program semester mengajar bulanan Institut Teknologi Bandung (ITB). Program ini bekerja sama dengan pihak ketiga.

Dari lembar tersebut terlihat pihak ketiga tersebut merupakan mitra resmi ITB. Selain itu, ada program cicilan enam bulan hingga 12 bulan. Proses pengajuan tanpa pembayaran (DP) dan tanpa jaminan apapun.