Heboh Toilet SMP Negeri di Pangkep Dibangun dengan Anggaran Setengah Miliar

Sugeng rawuh Wmm di Portal Ini!

Pangkep – Terjadi keributan di toilet Sekolah Menengah Negeri (SMP) di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel). Diketahui berlokasi di SMP Negeri 1 Bungoro, toilet tersebut membuat masyarakat geleng-geleng karena dana pembangunannya sangat fantastis, tepatnya setengah miliar. Heboh Toilet SMP Negeri di Pangkep Dibangun dengan Anggaran Setengah Miliar

Berdasarkan informasi yang didapat, proyek pembangunan toilet sekolah umum sebesar 495 juta dan 228 ribu kroon. Toilet ini dirancang khusus untuk penyandang cacat. Pembangunan area toilet belum selesai. 5 Fakta Menarik yang Jarang Diketahui tentang Kim Jong Un

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pangkep Sabrun Cemil menyatakan, tiga toilet sedang dalam tahap pembangunan dan sesuai kontrak akan selesai pada Desember 2023.

“Sebenarnya ada tiga (unit), tapi belum selesai semua karena masih dalam tahap konstruksi. Kalau tidak salah kontraknya akan berakhir Desember ini,” kata Sabrun saat dikonfirmasi, Kamis, 9 November 2023.

Sabrun menyatakan, pembangunan setengah miliar toilet tersebut telah sesuai dengan peraturan dan petunjuk teknis (juknis). Sejauh ini, total biaya yang dikeluarkan untuk ketiga unit tersebut mencapai Rp 495,2 juta.

“Jadi sebenarnya ada petunjuk teknisnya dan dikelola pusat, karena ini juga dana alokasi khusus (DAK). Dan dananya hampir Rp 500 juta, terdiri dari 3 paket selesai,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pembangunan toilet hanya memastikan lokasi pembangunannya tidak perlu dipersoalkan lagi. Bangunan itu kemudian dibagi menjadi tiga unit. Terutama laki-laki, perempuan dan penyandang disabilitas.

Sabrun menutup sambutannya: “Informasinya tercantum dalam petunjuk teknis yang diberikan kementerian, sehingga model toilet tersebut ada toilet pria dan wanita, ruang ganti dan ruang penyandang disabilitas. Juga ruang ganti, ada sayap tangan dan masih banyak lembaga lainnya. ” .

Berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, 3 bangunan toilet yang dibangun tersebut berukuran 4×6 meter dan terdapat syarat teknis penempatan bangunan batu dengan keramik padat pada seluruh dindingnya.

Toilet di setiap kabin dilengkapi dengan urinal dan wastafel tangan. Setiap bangunan memiliki 2 toilet dan 1 toilet. Heboh Toilet SMP Negeri di Pangkep Dibangun dengan Anggaran Setengah Miliar

Setelah itu, toilet ini dilengkapi dengan tangki air berkapasitas 1200 liter untuk menampung air bersih.Tak hanya itu, toilet ini juga menggunakan septic tank yang mampu bertahan hingga 30 tahun.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Profesor Quraish Shihab mengajak para pembicara hari Jumat untuk menyampaikan pesan persaudaraan umat manusia.Sejak tahun 2020, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 4 Februari sebagai Hari Persaudaraan Manusia Internasional. Wmm 31 Januari 2024