Gede Andika, Penggerak Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan dari Bali

Selamat datang Wmm di Situs Kami!

Bali – KREDIBALI merupakan pengalaman belajar yang unik dan menarik. Diluncurkan pada Mei 2020 di Desa Pemuteran, Kabupaten Buleleng, Bali, KREDIBALI adalah Pendidikan dan Konservasi Bahasa dan Literasi. Gede Andika, Penggerak Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan dari Bali

Program KREDIBALI memberikan pendidikan khusus bahasa Inggris bagi siswa mulai sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP). Besok Selasa 27 Juni 2023 Umat Muslim Dianjurkan Puasa Tarwiyah, Ini Bacaan Niatnya

Namun yang membuat program ini menarik dan unik adalah metode yang digunakan. Mahasiswa yang ingin mengikuti kursus KREDIT diminta membayar dengan sampah plastik yang mereka kumpulkan dari sampah rumah tangga.

Gede Andika menjadi inspirasi pengembangan pendidikan bahasa dan kepedulian lingkungan dari Desa Pemuteran. Atas kiprahnya tersebut, Gede Andika menjadi penerima ucapan terima kasih pada kategori khusus yaitu Relawan Pejuang Masa Pandemi COVID-19 dari SATU Awards (Semangat Astra Terpadu untuk) Indonesia 2021.

Ide tersebut muncul sebagai respons terhadap pandemi COVID-19 yang menyebabkan siswa bolos sekolah. KREDIBALI bermitra dengan Plastic Exchange, sebuah organisasi nirlaba di Bali yang mengelola bank sampah.

Caranya sangat sederhana, sampah plastik yang dikumpulkan siswa diukur dalam kilogram. Kemudian sampahnya ditampung di Pasar Plastik untuk diganti dengan beras.

Beras yang diperoleh dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Desa Pemuteran. Penjatahan dilakukan setelah tes pengembangan keterampilan pada setiap semester.

Selama wabah terjadi, KREDIBALI dapat menjalankan operasionalnya dengan tetap mengikuti aturan kesehatan dan pembatasan sosial. Pemerintah desa Pemuteran juga memberikan dukungan dengan menyediakan ruang pertemuan sebagai ruang pembelajaran.

KREDIBALI tidak hanya memberikan pelajaran bahasa Inggris, program ini juga mengajarkan anak-anak tentang pentingnya lingkungan dengan mendaur ulang sampah plastik.

Selain itu, mereka juga membuka peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberikan bantuan beras kepada masyarakat kurang mampu. Dengan mengikutsertakan anak-anak sebagai pelajar, KREDIBALI juga tak henti-hentinya mengajarkan kebaikan dan kasih sayang kepada orang tuanya. Gede Andika, Penggerak Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan dari Bali

Program KREDIBALI adalah contoh inspiratif tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi alat untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, menggabungkan pembelajaran, kelestarian lingkungan, dan masyarakat dalam satu paket yang menakjubkan. Prof. Quraisy Shihab Ajak Khatib Jumat Sampaikan Pesan Hubungan Kemanusiaan Sejak tahun 2020, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 4 Februari sebagai Hari Hubungan Kemanusiaan Internasional. Wmm 31 Januari 2024