Bagaimana Hukum Suami Ucap Talak Melalui WA? Ini Kata Buya Yahya

Selamat datang Wmm di Website Kami!

Jakarta – Islam mengenal perceraian dalam hubungan perkawinan, yang akan berakibat fatal jika suami menceritakannya kepada istri. Bagaimana Hukum Suami Ucap Talak Melalui WA? Ini Kata Buya Yahya

Secara bahasa, talak berarti pembebasan atau kemerdekaan. Sedangkan jika ditinjau dari segi maknanya berarti putusnya hubungan perkawinan dengan menggunakan kata talaq atau sejenisnya. Peminat Membludak, Kemenag Siap Jalankan Penuh Program Cyber Islamic University di 2024

Ada informasi yang menyebutkan bahwa perceraian yang diucapkan secara langsung dapat merusak hubungan suami istri, meskipun hanya sekedar candaan atau gurauan.

Lalu bagaimana jika perceraian dikirimkan melalui Pesan Singkat WhatsApp (WA)?

Pengurus Islamic Center Al-Bahjah, KH Yahya Zainul Maarif atau Buya Yahya mengatakan, talak terbagi dua, yakni talaq syarih dan talaq kinaya.

Adapun kalimat atau pernyataan talak yang disampaikan melalui WA termasuk dalam kategori talaq kinayah. Jadi, jika suami memindahkannya tanpa kesengajaan, maka tidak akan berujung pada perceraian.

Sebaliknya jika ada niat di hatinya, ucapan yang dikirimkan lewat WA bisa menyebabkan perceraian.

“Kalau yang menulis ini tidak ada niat maka tidak menimbulkan perceraian. Kalau ada niat maka jatuh (talaq),” jelas Buya Yahya dilihat di YouTube Al-Bahjah TV pada Kamis, 25 Januari 2024 .

Tentu saja Buya Yahya meminta para istri yang mendapat pesan berupa kalimat talak dari suaminya untuk menanyakan apakah perkataan tersebut disertai niat atau hanya emosi atau tidak ada niat.

“Kalau suami WA tiba-tiba bilang, ‘Hai istriku, aku ceraikan kamu’. Kalimat itu memang syarih, tapi (ditularkan) lewat surat menjadi kinayah. Itu fiqh,” imbuhnya. Bagaimana Hukum Suami Ucap Talak Melalui WA? Ini Kata Buya Yahya

Berbeda dengan talak syariha atau talak yang diberikan secara terbuka (langsung). Sekalipun itu tidak ada tujuannya atau hanya sekedar lelucon. Karena itulah dia langsung bercerai.

“Kalau syariatnya jelas, langsung terjadi (talaq), meski tidak sengaja digunakan. Masih bercanda,” jelasnya. “Seperti ‘Hei istriku, pulanglah ke ibumu. Apa maksudmu kakak? Maksudku cerai’. (Lalu) jatuh. ‘Maksudku, besok pulang saja, aku mau pergi’, (dia) menang.” t (mereka terjatuh dalam perceraian),” jelasnya. Tanggapan pihak keluarga terhadap Irish Bella yang meminta tunjangan anak meski Ammar Zoni masih di penjara. Sidang perceraian Irish Bella dan Ammar Zoni akan diumumkan majelis hakim pada Selasa. dalam waktu dekat, menjelang hari itu, Ammar Zoni masih mendekam di penjara Wmm 30 Januari 2024